Pengertian dan Prinsip Desain Poster


DS Project – poster adalah gambar pada selembar kertas berukuran besar yang digantung/tempel di dinding atau permukaan lain. Poster merupakan alat untuk mengiklankan sesuatu, sebagai alat propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan

 

Prinsip Desian Poster

Poster mempunyai 5 prinsip desain, yaitu: keseimbangan, alur baca, penekanan, irama dan kesatuan. Berikut penjelasan dari 5 prinsip desain poster:


1. Keseimbangan/Balancing

Keseimbangan adalah prinsip dalam mengatur penataan letak suatu objek pada poster, sehingga poster tidak terlihat berat sebelah atau terisi di sebagian sisi saja. Ada dua jenis keseimbangan tata letak desain yang bisa diterapkan:

a. Keseimbangan simetris/formal
Keseimbangan simetris adalah bentuk penataan layout objek visual dengan merata secara vertikal, horizontal, atau radial. Biasanya keseimbangan simetris dapat terlihat dari penataan bentuk objek visual yang sama dan di letakan pada sisi yang berbeda. Kondisi pada keseimbangan simetris adalah gaya umum yang sering digunakan untuk mencapai suatu keseimbangan dalam desain.
Keseimbangan simetris mudah diterapkan dan keseimbangan simetris sulit untuk membangkitkan emosi dari pembaca visual karena terkesan “terlalu direncanakan”.
Contoh layout keseimbangan simetris
gambar layout simetris

Contoh poster keseimbangan simetris
gambar poster layout keseimbangan
poster diatas dirangkai dengan perpaduan elemen visual secara simetris antara kiri dan kanan. Elemen-elemen desain di bagian kiri di seimbangkan dengan elemen lain dibagian kanan secara serupa seperti cermin.

b. Keseimbangan asimetris/non formal
Keseimbangan asimetris adalah penataan layout objek visual dimana setiap objek tidak berporos pada tengah halaman. Keseimbangan asimetris memanfaatkan visual seperti ukuran objek, atau kontras warna untuk mendapatkan keseimbangan
Untuk menerapkan keseimbangan asimetris perlu banyak latihan, keseimbangan asimetris lebih mungkin untuk menggugah emosi pembaca visual karena ketegangan visual yang dihasilkannya.
Type keseimbangan asimetris
– Keseimbangan dalam warna
– Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran
– Keseimbangan dalam posisi
– Keseimbangan dalam nilai warna dan tekstur
Contoh poster keseimbangan asimetris
contoh poster keseimbangan asimetris
Poster diatas menggunakan gaya asimetris berupa kontras dan skala. Elemen tangan berwarna hitam berukuran besar diseimbangkan dengan teks Flawless berwarna hitam namun berukuran kecil.

2. Alur Baca/Movement

Alur baca yang diatur secara sistematis oleh desainer untuk mengarahkan “mata pembaca” dalam menelusuri informasi, dari satu bagian ke bagian yang lain.
Contoh Alur Baca mata pada layout
alur baca


3. Penekanan/Emphasis

Penekanan biasa digunakan untuk menunjukan point utama yang di prioritaskan atau di utamakan untuk di baca atau dilihat pertama kali dengan menonjolkan objek seperti mengatur ukuran, atau kontras warna, dsb.
Macam-macam emphasis
– Perbandingan ukuran
– Latar belakang yang kontras dengan tulisan atau gambar
– Perbedaan warna yang mencolok
– Memanfaatkan bidang kosong
– Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf
Contoh poster emphasis
contoh poster emphasis


4. Irama/Rhythm

Irama adalah pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa membentuk urutan gerakan, pola/pattern terentu.
Contoh poster rhythm
contoh poster rhythm


5. Kesatuan/unity

Setiap objek pada layout dapat di satukan atau di pisahkan sedemikain rupa untuk menghasilkan sebuah informasi.
Macam-macam unity
– Memposisikan elemen desain berdekatan
– Diletakan bertumpuk
– Menggunakan objek garis sebagai pembatas setiap informasi
– Permainan warna Background
Contoh poster unity
contoh poster unity
Poster ini menggunakan gaya unity berupa repetition continues dan continuation (kesinambungan).
Sekian postingan tentang Pengertian dan Prinsip Desain Poster semoga bermanfaat

source : umardanny

Comments